Jumat, 28 April 2017

Mengubah jenis huruf dari tab Font dalam word




CARA MENGUBAH JENIS HURUF PADA MICROSOFT WORD 2007



Selamat Datang Pengunjung !
Pada kesempatan kali ini Indonesian Choise akan menjelaskan Tutorial Microsoft Office 2007. Dalam Microsoft Office Word 2007 terdapat lebih dari satu menu yang memiliki fungsi berbeda – beda sesuai kebutuhan untuk membantu pekerjaan sehari – hari. Apakah anda seorang pelajar atau mahasiswa ? ataukah Anda seorang pekerja kantoran ? Jika IYA pasti anda tidak akan asing lagi dengan hal hal yang berbau komputer khususnya program yang satu ini. Jika BELUM anda tidak usah khawatir lagi dengan istilah kata “Saya tidak bisa” , “Saya orang awam” , “Saya tidak … tidak .. dan tidak…”. Mulai sekarang simpanlah jauh – jauh kata tersebut karena , mau tidak mau inilah abad ke – 20 inilah zamannya teknologi yang semakin berkembang yang mengharuskan kita masuk ke dalamnya. Maka dari itu kita harus dapat menyesuaikan diri.
Dalam pekerjaan sehari – hari ketika kita membuat suatu dokumen dengan menggunakan Microsoft word tentunya akan sangat membantu. Akan tetapi setiap dokumen pasti berbeda dan menggunakan format yang bermacam – macam seperti jenis huruf yang pada kali ini akan dijelaskan secara rinci.
Lalu apa pengertian dari menu Font ? Apa sajakah fungsi nya ? Bagaimana cara menggunakannya ? Simak jawabannya.

 


Font merupakan sub menu home yang berisi font , font size, format painter , Grow font , Shrink font , Clear Formatting , Bold , Italic , Underline , Strikethrough , Subscript , Superscript , Change Case , Text Highlight Color , dan Font Color. Fungsi font adalah untuk mengubah jenis huruf yang akan digunakan dalam dokumen. Terdapat lebih dari 1000 jenis font yang dapat digunakan. Cara menggunakan menu font akan di jelaskan melalui langkah – langkah yang disertai gambar. Simaklah penjelasannya dibawah ini :
Untuk mengubah jenis huruf akan sangat mudah dan tentunya dapat dilakukan dengan beberapa cara, berikut akan dijelaskan dengan 2 cara yang berbeda.
CARA PERTAMA
1.    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan seleksi pada teks yang akan dirubah jenis hurufnya. ( Sebagai contoh saya akan merubah jenis huruf yang ada pada teks dibawah ini ).
 
2.    Selanjutnya yaitu menuju menu ribbon HOME , sub menu Font dan pilihlah font dengan membuka tombol panah kebawah scroll. Maka akan terlihat beberapa jenis font. ( Sebagai contoh saya memilih jenis font Bodoni MT  ). 
  


3.    Maka secara otomatis seluruh teks tersebut akan dirubah jenis font nya menjadi jenis Bodoni MT.
 
4.    Selesai langkah pertama untuk mengubah jenis huruf , silahkan lihat langkah kedua jika anda ingin menggunakan cara lain.
CARA KEDUA
1.    Langkah ini sama seperti sebelumnya yaitu melakukan seleksi pada teks.
   
2.    Selanjutnya menuju menu ribbon HOME , sub menu font “klik” tanda  panah untuk membuka kotak dialog menu font atau dengan “menu klik kanan” lalu pilih Font. Dapat dilihat gambar dibawah ini terdapat beberapa format untuk mengubah suatu teks.  
 
3.    Pilihlah bagian “Font:” , scroll kebawah untuk melihat lebih banyak jenis font yang akan dirubah atau dengan menuliskan jenis huruf favorit anda pada kotak pencari ( Sebagai contoh saya tetap memilih jenis font Bodoni MT  ) dan lihatnya contoh teks pada kotak “preview” dan terakhir “Klik” tombol OK.
 
4.    Selesai
  
Cara mengubah jenis huruf sudah dilakukan , bagaimana ? mudah bukan ? anda yang pemula 
akan lebih banyak belajar dan menjadi lebih mahir dalam menggunakan Microsoft office word
khususnya. Silahkan gunakan cara mana saja untuk memudahkan anda dalam bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar